/*NoScript*/
#site-xp {z-index: 999;position:fixed;top:0;left:0;width:100%;height:100%;background-color:#000;margin:0;padding:0;}
#site-xp p {margin:0;padding:0;width:100%;color:#333;position:relative;top:40%;font:bold 18px/20px arial;text-align:center;text-shadow:none;}

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Kolesterol Tinggi

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Kolesterol Tinggi Yang Harus Di Hindari

Pada dasarnya kolesterol dapat di turunkan dan di cegah sebelum beranjak menjadi kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat mengancam penyakit yang di bawa karena kolesterol itu muncul. Kolesterol dalam darah akan semakin meningkat, hal ini di sebabkan oleh adanya asupan makanan yang tidak teratur dan seimbang. Maka dari itu, disini kami akan memberikan sedikit penerangan mengenai Pantangan Makanan Untuk Penyakit Kolesterol Tinggi yang harus di hindari. Namun sebelumnya silahkan anda simak terlebih dahulu mengenai penyakit kolesterol tinggi.

Sekilas mengenai penyakit

Tubuh memang memerlukan kolesterol untuk membantu membentuk dinding sel, sebagai bahan dasar dari pembentukan hormon-hormon steroid dan sebagai sumber energi bagi tubuh. Kolesterol secara alami telah dihasilkan oleh tubuh yang berasal dari organ hati yang menyumbang kolesterol hingga 80 % dan 20 % lainnya berasal dari sumber makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Kolesterol dalam darah bisa saja.

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis yakni adalah kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik adalah HDL atau lipoprotein dengan jumlah kepadatan yang tinggi yang dianggap sebagai kolesterol baik yang bisa mengangkut kolesterol dari sel-sel dan kemudian kembali ke hati. Didalam hati, kolesteirol kemudian akan dihancurkan atau selanjtnya dikeluarkan oleh tubuh lewat pengeluaran kotoran. Sedangkan kolesterol jahat adalah LDL atau lipoprotein dengan tingkat kepadatan yang rendah yang bisa mengangkut kolesterol dari hati pada sel-sel yang membutuhkannya. Dan jika jumlah dari kolesterol tersebut tinggi serta melebihi dari jumlah yang dibutuhkan, maka kolesterol tersebut akan mengalami pengendapan pada dinding bagian arteri dan pada akhirnya bisa mengakibatkan terjadinya penyakit LDl atau kolesterol jahat.

Kolesterol dapat mengendap pada dinding arteri, maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat. Jadi kolesterol tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah di bagian-bagian tubuh tertentu, stroke, baik kecil dan besar, dan serangan jantung.

Penyebab kolesterol tinggi

  • Makanan. Hampir 80 % asupan kolesterol sudah dipenuhi oleh tubuh itu sendiri baru setelahnya dihasilkan dari sumber lain seperti makanan.
  • Obesitas / Berat Badan Berlebih. Obesitas merupakan sumber dari beberapa penyakit, mungkin beberapa waktu lalu saya telah mengatakan bahwa obesitas merupakan penyebab diabetes.
  • Kurang Olahraga. Olahraga memiliki banyak manfaat, sayangnya kesibukan bisa membuat orang menjadi kurang berolahraga. 
  • Merokok. Bila anda merupakan perokok, mulai saat ini mulailah kurangi kebiasaan tersebut hingga nantinya anda bisa meninggalkan rokok.
  • Konsumsi Alkohol. Selain rokok, tingginya kadar kolesterol bisa disebabkan oleh konsumsi alkohol. 
  • Usia dan Gender. Peningkatan kadar olesterol bisa terjadi pada usia diatas 20 tahun. Pada usia ini kadar kolesterol cenderung meningkat dan jika tidak dikontrol dengan baik akan menjadi bahaya yang merugikan bagi tubuh. 
  • Konsumsi Obat-obatan. Orang yang mengkonsumsi obat-obatan yang beralam dari zat kimia justru memiliki resiko tingginya kadar kolesterol.
  • Keturunan / Faktor Genetika. Apabila anda memiliki keluarga yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi anda perlu berhati-hati. 
  • Adanya penyakit Lain. Ada beberapa penyakit yang cenderung memicu tingginya kadar kolesterol. Contohnya orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan hipertensi akan memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Sedangkan penyakit lain adalah penyakit hati liver dan gangguan ginjal kronis.
  • Stress. Orang yang memiliki tingkat stess yang tinggi justru meningkatkan kadar LDL yang cukup tinggi. Hal ini akan diperparah jika orang tersebut memilih jalan pintas untuk mengakhiri stressnya dengan mengkonsumsi rokok, alkohol dan makanan yang mengandung zat penyebab kolesterol tinggi.

Gejala kolesterol tinggi

  • Sering pusing belakang kepala. Pusing di belakang kepala diakibatkan oleh penyumbatan pembuluh darah di sekitar kepala.
  • Tengkuk dan pundak pegal. Pegal di tengkuk dan pundak merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar pada pembuluh darah di daerah tersebut. 
  • Sering pegal di tangan dan kaki. Pembuluh darah di tangan dan kaki juga dapat tersumbat akibat penumpukan kolesterol.
  • Sering kesemutan di tangan dan kaki. Hampir sama dengan pegal, kesemutan merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar di bagian tubuh tertentu.
  • Dada sebelah kiri seperti tertusuk. Dada sebelah kiri berhubungan dengan organ pemompa darah yaitu jantung.

Jika tidak mengubah pola makan dan tidak berhenti merokok, penderita kolesterol tinggi akan lebih berisiko terkena stroke atau penyakit jantung. Pada rokok ditemukan sebuah zat kimia yang disebut akrolein. Zat ini dapat menghentikan aktivitas kolesterol baik atau HDL untuk mengangkut timbunan lemak menuju hati. Akibatnya bisa terjadi penyempitan arteri atau aterosklerosis.

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Kolesterol Tinggi Yang Harus Di Hindari


Penyakit kolesterol memang sering kali di abaikan oleh kebanyakan orang, padahal ketika usia sudah beranjak dari 30 tahun, penyakit ini akan sangat berbahaya bagi tubuh. Untuk itulah mulai saat ini tetap perhatikan dengan benar kesehatan yang anda miliki. Dan jika anda ingin terbebas dari penyakit kolesterol tinggi anda harus menghindari pantangan makanan di bawah ini.

Hindari atau hentikan konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jahat karena menjadi pemicu terbesar meningkatknya kadar kolesterol dalam tubuh. 

  • Daging: daging sapi, kambing dan juga daging kuda
  • Jeroan: usus, ginjal, paru, hati dan juga limpa
  • Ekstrak daging: dendeng dan abon
  • Seafood: ikan teri, kepiting, tiram, cumi - cumi remis, udang, ikan sarden dan juga sotong
  • Sayuran: buncis, daun singkong, sawi, asparagus, kol, daun pepaya dan juga jamur kuping.
  • Makanan: semua makanan yang digoreng agar bisa dihindari  dan tidak dimakan. Baik digoreng menggunakan margin ataupun menggunakan minyak goreng.
  • Kacang - kacangan: kacang hijau, kacang tanah, kedelai dan melinjo. Selain itu juga makanan yang terbuat dari kacang - kacangan tersebut agar dihindari.
  • Lainnya: air kelapa, es krim, keju, kuah daging dan kaldu.

Beberapa makanan diatas merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita koleseterol tinggi. Untuk itu, jika anda ingin terbebas dari penyakit kolesterol tinggi mulai lah hidup sehat dari sekarang.


Sumber : Obat Ginjal Bengkak

2 komentar: